• icon(0888) 3077077
  • iconmanjpaiton@gmail.com
  • iconPaiton, Probolinggo 67291

Sidang Munaqosah Tugas Akhir Layaknya Ujian Skripsi

Jumat, 22 Jan 2021 10:15 WIB 1355 Madrasah
Blog Details

MANJ-PK Sidang munaqosah untuk kelas akhir unggulan MA Nurul Jadid (MANJ) di Peminatan Keagaman (PK) bukan sekadar sidang biasa, pasalnya, ujian tugas akhir itu menghadirkan para penguji yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Nurul Jadid. Di antara penguji tersebut Dr. Ahmad Fawaid, M. Th.I dan ustaz Zainul Arifin Adam, M. Pd.I

Ustaz Zainollah kepala asrama PK mengatakan, kegiatan tersebut jarang sekali dilaksanakan pada setrata siswa SLTA. Menurut beliau, para siswa PK harusnya bersyukur dengan diadakannya acara tersebut.

“Kalian ini harus bersyukur masuk MANJ-PK, karena jarang-jarang seumuran kalian diuji oleh dosen, saya saja diuji oleh lulusan magister, itu pun pada saat sidang skripsi program sarjana,” ujar beliau mengawali sambutannya kepada peserta munaqosah di Asrama PK Selasa malam lalu (5/1/21).

Terlihat ada beban psikologis pada beberapa peserta, salah satunya Yusril Ihza Saputra. Dia sangat gugup saat menjalani munaqosah, beberapa pertanyaan remeh pun tidak bisa dijawabnya. “Saya merasa gemetar ketika maju, hingga tidak bisa menjawab pertanyaan remeh,” keluh dia.

Sidang munaqosah itu dihelat guna mempertanggung jawabkan hasil talkhis siswa kelas XII PK. Tak hanya itu, sidang munaqosah itu juga sebagai syarat mendapatkan ijazah asrama PK, juga bekal siswa kelas akhir agar tidak kelabakan dengan suasana pekuliahan nanti di kampus.

Materi yang diujikan merupakan hasil talkhis siswa selama dua bulan terakhir. Kelas XII MANJ-PK putra mendapat empat materi. Sedangkan di putri hanya mendapatkan satu materi. Meliputi fiqih zakat, puasa, haji, sholat dan fiqih wanita.

Adapun kitab yang digunakan di putra adalah Fiqhu az-zakat fii tadqiiqi wa ta'miiqi ahkaami anwaa'i zakaat wa bayaani qodrin nishobi bi awzaani wa mikyaali baladil Indonesia, Al-idhoh fil manasik, Fiqhu as-shiyam dan syarh sullam al-munajah 'ala risalati safinati as-sholat. Sedangkan di putri menggunakan Fiqhul Mar'ah al Muslimah. 

Di majlis putra, sidang dibagi menjadi dua. Majlis I diuji oleh Ust. Zainul Arifin Adam, M. Pd.I dan Ust. Moh. Tohed, M. Pd.I, sedangkan majlis II diuji oleh Ust. Syamsuri hasan, M. H.I dan Ust. Dr. Ahmad Fawaid, M. Th.I. Begitu pula di putri, sidang juga dibagi menjadi dua majlis, majlis 1 Neng Wiwin dan Neng Fajriyah dan Majlis II Neng Mabruroh dan neng Muthmainnah.

Siswa yang mendapat nilai tertinggi pada sidang munaqosah tersebut akan mendapatkan penghargaan. Materinya adalah hasil dari resume selama dua bulan terakhir. Mereka sudah melaksanakan bimbingan kepada mentor sejak November lalu dan nantinya siswa terbaik akan mendapatkan penghargaan.

Sebelum mereka mengikuti munaqosah, para siswa unggulan itu diberi pelatihan selama kurang lebih tiga kali tatap muka, pada tanggal 22, 23 dan 26 Oktober 2020. Menghadirkan Gus Imdad Rabbani dan Ning Mamnuhaturrohmah sebagai pemateri. “Alhamdulillah dengan pelatihan yang diikuti peserta, mereka mampu menyusun TA dengan maksimal dan mengikuti ujian munaqosah TA," pungkas beliau. (m1m)