Siswa Bermasalah Kerjakan Soal Di Luar Kelas

Ujian di Luar KelasSejumlah 12 siswa MA Nurul Jadid (MANJ)terlihat mengerjakan soal UAS di serambi kelas, mereka tidak bisa mengerjakan soal di dalam kelas karena sedang menjalani sanksi. sanksi itu akibat dari kehadiran tutorial yang dilaksankan sore hari yang tidak mencapai 75 persen.

Mereka mengerjakan soal di luar kelas sejak UAS dimulai pada hari pertama Senin 17 Juni 2013 hingga berakhir pada Selasa 25 Juni. Dari data madrasah, sejatinya ada 15 siswa yang mengerjakan UAS di luar kelas, namun yang hadir saat itu 12 siswa, sementar 2 siswa lainnya tidak hadir dan di kelas juga tidak ada.

Menurut ketua panitia UAS bapak Lukman Hakim, pihak madrasah menetapkan kriteria kehadiran siswa sudah jauh hari telah diinformasikan, “sejak semester ganjil lalu sudah kita informasikan kepada siswa,” ujarnya.

Selain itu, dalam rangka membangun komitmen bersama antara madrasah dengan wali siswa, Pak Lukman (sapaan akrabnya) menambahkan, tidak hanya sanksi mengerjakan soal di luar kelas melainkan juga wali siswa dipanggil ke madrasah.

“Para wali siswa yang bermasalah itu kita panggil dan membuat surat pernyataan bermatrai bersama putranya untuk tidak mengulangi lagi, dan jika mengulangi lagi pada semester yang akan datang, mereka tidak bisa ikut semester,” tandas WK bidang kurikulum itu.

 

Berkaitan dengan sanksi mengerjakan soal di luar kelas, pak Lukman mengatakan, itu merupakan shock therapy sebagai efek jera bagi mereka untuk tidak mengulangi lagi. “bahkan mereka ketika mengambil raport harus menyelesaikan tugas hafalan dan menulis aya-ayat Al-Qur’an,” pungkasnya.(mwr).