The best bookmaker bet365

Menu

Matsama Wajah Baru MOS di MANJ

  • Dilihat: 264

WKM. Kesiswaan saat memberikan arahan

MA NURUL JADID - Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, di MA Nurul Jadid (MANJ) kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis (28/7/2016) dengan nama Masa taaruf siswa madrasah (Matsama). Kegiatan yang dikhususkan untuk siswa baru itu tak lain adalah perubahan dari MOS menjadi Matsama.

Secara teknis, Matsama lebih melibatkan peran guru dari pada siswa senior, sebab selama ini kegiatan MOS lebih didominasi oleh siswa senior yang menjadi panitia kegiatan. Disitulah kerawanan dan perpeloncoan sering terjadi.

“Matsama di MANJ jauh dari kegiatan pembodohan dan perpeloncoan,” demikian disampaikan bapak Mawardi selaku Waka Kesiswaan saat apel pagi di hadapan ratusan siswa baru. 

Untuk memutus mata rantai kegiatan yang tidak edukatif dalam MOS, menurut beliau pemerintah telah menetapkan aturan dengan melarang MOS, mulai dari peraturan menteri dan ditindak lanjuti oleh permendikbud nomor 18 tahun 2016. Pemerintah telah menganggap serius sisi negatif pelaksanaan MOS pada tahun-tahun sebelumnya.

Penggantian nama MOS menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah oleh pemerintah adalah salah satu untuk upaya menghilangkan citra MOS yang sudah salah kaprah. Secara  garis besar, dalam Permendikbud Nomor 18 2016, sekolah dilarang melakukan atau mengospek siswa dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, apalagi kegiatannya mengandung kekerasaan atau perpeloncoan.

Matsama di MANJ difokuskan pada pegenalan lingkungan madrasah, seperti materi tentang profil madrasah, sosialisasi tatib siswa, keorganisasian dan pengenalan pers siswa. Matsama yang berlangsung hanya sehari itu dimulai pukul 07:30 dan berahir pukul 14:00 WIB. Untuk jam 10:30 waktu istirahat hingga jam 11:30 kembali masuk ke MANJ.

“Sebenarnya Di MANJ sudah tidak ada perpeloncoan sejak tahun lalu, MOS tahun pelajaran 2015-2016 lalu di MANJ sudah menyatakan putus hubungan dengan perpeloncoan, apalagi saat ini,” tegas beliau yang diiringi aplaus siswa baru. (b4d)

The Best bookmaker bet365 Bonus