The best bookmaker bet365

Menu

Kharisma Gelar Open Recruitment Jurnalis

  • Dilihat: 28

Kru Kharisma saat menguji skill layout peserta

MA Nurul Jadid - Jum'at (06/10/2017) Lembaga Pers Siswa (LPS) Kharisma MA Nurul Jadid (MANJ) menggelar open recruitment untuk anggota redaksi baru. Kegiatan yang berlangsung sehari itu diikuti oleh siswa MANJ dari kelas X dan XI untuk mengikuti tes. Pesertanya diwajibkan mengikuti serangkaian tes, mulai dari pembuatan berita, opini, praktik fotografi dan layout hingga interview.

Sekitar 35 siswa mengikuti seleksi tersebut, Dalam pelaksanaan tes, pihak redaksi membagi tiga sesi. Untuk sesi pertama dimulai pukul 08:30-10:30, tesnya meliputi pembuatan berita dan opini. Untuk sesi kedua dimulai pukul 13:30 – 14:30 dengan tes fotografi yang dilaksanakan di luar ruang. Dari tes tersebut, redaksi akan merekrut 5 jurnalis dan 2 lay-outer.

Khusus layout, pihak redaksi memilih dilaksanakan di kantor redaksi Kharisma. pihak redaksi LPS Kharisma tidak mewajibkan semua peserta tes, pasalnya kemampuan melayout membutuhkan kemampuan khusus dari peserta. “Kami menyadari tidak semua peserta menguasai desain grafis, sehingga khusus tes layout, kami batasi bagi yang memang memiliki dasar-dasar desain grafis,” ujar M. Afnani Alifian, pemred Kharisma.

Dari tes layout, peserta yang ikut hanya 11 siswa. Menurut penuturan Afnani, jumlah tersebut sudah dianggap lebih dari cukup oleh pihak redaksi. Dari hasil tes layout itu, Afnani menilai sudah masuk kriteria standar. “Dari lima siswa itu, yang layak untuk kita rekrut khusus lay-outer hanya dua, dan mereka akan dibimbing lagi oleh lay-outer tetap Kharisma,” ujarnya.

Untuk interview sebagai sesi terakhir, pihak redaksi melaksanakannya di dalam kelas. Peserta akan dicecar pertanyaan oleh redaksi, hal itu dilakukan untuk mengetahui rasa militansi peserta jika menjadi anggota redaksi. "Kami mengadakan tes ini agar tidak salah pilih dalam mencari calon anggota baru untuk Kharisma kedepannya," ungkap siswa kelas XII Bahasa 1 itu.

Peserta seleksi rekrutmen jurnalis Kharisma rupanya sangat antusias, pasalnya hingga sore hari mereka tetap bersemangat mengikuti serangkaian tes tersebut. “Saya sangat senang mengikuti tes ini, meskipun nanti saya tidak lolos, saya akan ikut lagi tahun depan karena bisa menambah wawasan dan ilmu baru,” ujar salah satu peserta yang enggan namanya disebut. (b4d)

The Best bookmaker bet365 Bonus