The best bookmaker bet365

Menu

Sabet Juara II Lomba Baca Kitab Tingkat Nasional

  • Dilihat: 114

Ali Hasan Sholeh (Dok.Pribadi)

MA Nurul Jadid - Prestasi membanggakan diukir oleh siswa MA Nurul Jadid (MANJ) pada lomba Musabaqah Qiraatil Kitab (MQK) tingkat nasional. Ali Hasan Sholeh, siswa MANJ kelas XI unggulan Keagamaan berhasil menyabet juara II di even tersebut. MQK merupakan rangkaian lomba pada Gebyar Apresiasi Khazanah Arabi (GAZA) yang digelar oleh HMJ Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 3 Oktober 2017 lalu.

Siswa yang akrab disapa Hasan itu menuturkan, dirinya tak merasa bakal mendapat juara, pasalnya peserta yang mengikuti lomba MQK bukan berasal dari kalangan siswa saja, melainkan dari berbagai pesantren, sebab Lomba MQK masuk kategori umum. “Pesertanya berasal dari kalangan pesantren-pesantren salaf yang bisa lebih ahli dari saya,” ujarnya.

Meski pesertanya dari berbagai pesantren, tapi pihak panitia menetapkan batasan usia, yaitu peserta minimal berusia 15 hingga maksimal 19 tahun. Hasan yang berusia 15 tahun itu merasa punya cukup keberanian dan kemampuan, akhirnya dia pun mencoba ikut lomba MQK tersebut.

Jauh hari sebelum lomba, dirinya rutin belajar kitab dan minta bimbingan salah satu ustadnya di pondok. Tak hanya minta bimbingan pada ustadnya, siswa asal Jember itu juga rutin belajar mandiri. “Di waktu-waktu senggang, saya luangkan waktu belajar sendiri untuk membaca kitab,” kata siswa berkacamata minus itu.

KItab yang dibaca oleh Hasan adalah Syarah Fathul Qorib, khusus pada bab Muamalat, sebab pihak panitia hanya menentukan bab tersebut. Hasan pun berusaha bisa menguasainya dari segi kefasihan, kelancaran, makna dan murodnya. “Saat lomba juga ditanya tentang qowaidnya,” tutur anak ke dua dari empat bersaudara itu.

Selain ditanya qawaid, peserta MQK harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dewan juri. Terutama masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat hubungannya dengan isi kitab yang dibaca. Bahkan peserta harus bisa memberikan dalil-dalil dari jawaban yang diberikan. “Mungkin kekurangan saya ketika memberikan jawaban, tidak semuanya saya sertakan dalil,” pungkas Hasan. (b4d)

The Best bookmaker bet365 Bonus