The best bookmaker bet365

Menu

Di Aksi Lingkungan, Pramuka MANJ Sabet Juara Satu

  • Dilihat: 1060

MEMBANGGAKAN: Waka Kwarda Pramuka Jawa Timur, Kak AR Purmadi (foto:kiri) saat menyerahkan tropi juara satu untuk Pramuka MANJ pada Gus Sholah (bertopi) di Gedung Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo.

MANJ- Meski dibilang baru seumur jagung usia Pramuka MA Nurul Jadid (MANJ), namun sudah mampu menorehkan prestasi membanggakan. Senin (2/4) lalu. Pramuka MANJ dinobatkan oleh Kwarcab Pramuka Kabupaten Probolinggo menjadi juara satu lomba Aksi Lingkungan Satu Juta Lubang Resapan Biopori untuk Jawa Timur.

Penobatan juara itu berlangsung di gedung Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo. Saat itu, dari pihak pramuka MANJ langsung dihadiri oleh Pembina Pramuka Nurul Jadid Gus Sholah dan bapak Eko Sunaryadi selaku Pembina OSIM MANJ.

Pihak Kwarcab Pramuka Probolinggo menghadirkan Kwarda Pramuka Provinsi Jawa Timur untuk pemberian hadiah. Tampak kala itu, Gus Sholah menerima penghargaan berupa tropi dan piagam yang diserahkan langsung oleh Waka Kwarda Jatim, Kak AR Purmadi.

Menurut Bapak Eko Sunaryadi, di ajang tersebut Pramuka MANJ berhasil menyelesaikan pembuatan dan penanaman Lubang Resapan Biopori (LRB). “Itu dilaksanakan pada tanggal 24 Januari lalu, dengan membuat sebanyak 80 LRB yang dipasang di lingkungan pondok Nurul Jadid,” beber beliau.

Pemasangan LRB itu, lanjut beliau, tidak dipasang disembarang tempat, tapi ada skala prioritasnya. Menurutnya, LRB dibuat di tempat yang bebas dari lalu-lalang orang, terutama anak-anak. “Oleh karena itu, Pramuka MANJ menempatkan LRB mengatur sedemikian rupa dan disesuaikan dengan landscape yang ada,” ujar beliau pada MANJ-online.

Karena fungsinya sebagai peresap air, maka penempatan LRB dilakukan di lokasi yang secara alami air akan cenderung berkumpul, atau air tersebut diarahkan ke tempat di mana lubang resapan biopori berada. “Akhirnya pihak Kwarcab Probolinggo Kabupaten telah melakukan survey dan Alhamdulillah Pramuka MANJ meraih juara satu,” tegas beliau.

Sejatinya, aksi lingkungan tersebut merupan program aksi lingkungan Kwarda Pramuka Tingkat Provinsi Jawa Timur, sedangkan Kwarcab Kabupaten Probolinggo sebagai koordinator aksi lingkungan. Sehingga untuk pelaksanaanya, pihak Kwarcab Kabupaten Probolinggo menargetkan 54 ribu lubang resapan biopori.

“Aksi lingkungan dengan lomba pembuatan LRB ini melibatkan seluruh lembaga pendidikan mulai dari SD hingga SLTA, dan untuk masing-masing lembaga ditetapkan membuat 80 LRB, hingga batas akhir pembuatan yang kemudian disurvey oleh panitia,” pungkas beliau. (b4d)

The Best bookmaker bet365 Bonus