The best bookmaker bet365

Menu

Belajar Ke BMKG Agar Paham Fenomena Alam Secara Ilmiah

  • Dilihat: 169

BELAJAR ILMIAH: Siswa dari Peminatan IPS MANJ meyimak penjelasan dari pihak BMKG terkait proses pendeteksian gejala alam.

MANJ- Menyerap mata pelajaran ternyata tak harus di kelas, belajar bisa memanfaatkan berbagai sarana lainnya seperti di luar kelas. Bahkan instansi pemerintah pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar. Kamis lalu (12/4) sejumlah 32 siswa MA Nurul Jadid (MANJ) dari peminatan IPS melaksanakan kunjungan belajar ke kantor Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak Surabaya.

Puluhuan siswa IPS itu banyak menapatkan informasi penting di tempat tersebut. Instansi pemerintah non depertemen itu, dikunjungi siswa IPS MANJ sebagai salah satu bentuk kegiatan pembelajaran khusus peminatan IPS, karena sebagai upaya untuk memberikan informasi akurat tentang fenomena alam kaitannya dengan pelajaran Geografi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan penguatan materi Geografi, yang sejatinya peserta didik hanya mengenal perubahan waktu, cuaca, gejala alam, macam-macam awan melalui materi pelajaran di kelas. Melalui kegiatan ini, mereka langsung mengetahui secara gamblang tentang proses fenomena alam tersebut secara ilmiah,” ujar Bapak Muzakki ketua peminatan IPS pada MANJ-online.

Dalam kegiatan itu, para siswa didampingi oleh Bapak Sudar guru Georafi, juga Bapak Guntur Maesa Bagaskara dan Junaidi Amin, keduanya adalah guru tutor di peminatan IPS. “DI BMKG, menghasilkan dan menyediakan informasi prakiraan cuaca terdiri atas informasi umum yang berhubungan dengan daratan diantaranya suhu, kelembaban, kondisi awan dan informasi cuaca maritim,” beber Bapak Sudar.

Oleh karenanya, kunjungan belajar ke tempat tersebut menurut beliau sangat penting untuk diketahui peserta didiknya. “Informasi cuaca maritim tersebut berpotensi memberikan manfaat bagi nelayan, masyarakat pesisir serta pihak lain yang memiliki kegiatan di sekitar dan di tengah laut,” imbuhnya. (b4d)

The Best bookmaker bet365 Bonus