The best bookmaker bet365

Menu

Mahasiswa IAIN Jember Belajar Penyusunan Perangkat Pembelajaran ke MANJ

  • Dilihat: 357

KUNJUNGAN MAHASISWA: Rombongan mahasiswa IAIN Jember berfoto bersama dengan kepala MANJ (foto tengah berkopyah ) didampingi Bapak M. Naim dan Bapak Muzakki seusai acara observasi perangkat pembelajaran.

MANJ- Sabtu (21/4), Madrasah Aliyah Nurul Jadid (MANJ) menerima kunjungan dari mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, kedatangan mereka ke MANJ terkait dengan tugas perkuliahan di kampusnya, untuk belajar langsung tentang penyusunan perangkat pembelajaran K 13 untuk mata pelajaran Akidah Akhlak dan Bahasa Arab.

Rombongan yang didominasi mahasiswi itu dari Fakultas Pendidikan Agama Islam (PAI), saat ini mereka sudah menginjak semester empat. Kunjungan itu berlangsung sekitar pukul 09.00 yang ditempatkan di ruang meeting.  Bapak Muzakki selaku guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MANJ didaulat untuk memberikan pematerian pada mereka.

Saat menyampaikan materinya, Bapak Muzakki menegaskan bahwa yg menjadi kegelisahan para guru secara umum adalah perangkatnya, tapi beliau meyakinkan mereka bahwa perangkat pembelajaran sejatinya sudah disediakan oleh pemerintah. “Guru cukup mendownload perangkat yg dibutuhkan seperti RPP, silabus, dan lainnya, kemudian tinggal diedit,” tandas beliau.

Dalam kesempatan itu, Guru mapel Akidah Akhlak tersebut tampak mampu membuat para mahasiswi itu makin serius menyimak, beliau memaparkan tentang tips dan trik pelaksanaan standar proses dan standar penilaian, karena menurut guru yang juga dosen Universitas Nurul Jadid itu, standar proses dan penilaian terkait dg action guru saat pembelajaran.

“Guru harus pandai memenej waktu, agar siswa lebih memiliki porsi banyak beraktifitas ketimbang guru,” ujar beliau kala itu. Saat itulah banyak di antara mereka yang menyampaikan pertanyaan pada beliau. Standar penilaian dengan pendekatan autentic assessement juga beliau paparkan, mulai cara menyederkanakan, memberi penilaian sikap yang terkesan banyak dan dirasa sulit oleh guru.

Turut pula hadir di acara tersebut Bapak Lukman Hakim Kepala MANJ dan Bapak M. Naim selaku Waka Kurikulum. Sebelumnya, Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjut dengan sambutan bapak kepala madrasah. “Setelah seremonial itu, saya ditunjuk oleh Kepala untuk memaparkan hal-hal terkait dg kegiatan tersebut,” tuturnya pada MANJ-online. (b4d)

The Best bookmaker bet365 Bonus