The best bookmaker bet365

Menu

Tes Baca Kitab Jadi Syarat Kenaikan Siswa

  • Dilihat: 232

TES BACA KITAB: Nampak KH. Najiburrahman Wahid saat menguji kemampuan siswa PK dalam membeaca kitab kuning

MANJ- Demi mengedepankan mutu dan evaluasi belajar. Madrasah Aliyah Nurul Jadid (MANJ) Peminatan Keagamaan (PK) melaksanakan tes kemampuan baca kitab kuning. Kegiatan yang dimulai Rabu (25/04) itu dilaksanakan di kelas XI PK 1. Seluruh siswa nampak antusias dalam mengikuti kegiatan itu.

Ustad H. M. Nashirruddin, selaku ketua PK mengatakan, kegiatan tersebut adalah untuk mengevaluasi tingkat belajar siswa PK selama dua tahun belajar di asrama. “Jadi tes ini tentunya untuk mengevaluasi siswa agar siswa bisa tau kitab Fathul Qorib dan lebih lebih memahami kitab ini,” ungkap beliau.

Tes yang diuji oleh KH. Najibburrahman Wahid itu meliputi pemahaman dan qowa’id, mulai dari bab Thoharoh (bersesuci) sampai bab haji di kitab Fathul Qorib. Beda halnya dengan tes pada umumnya, tes kitab pada tahun ini tidak hanya disaksikan oleh kelas XI PK dan beberapa ustad lainnya, melainkan tes kitab tersebut juga melibatkan seluruh kelas X untuk persiapan mereka pada tes tahun depan.

Kepada MANJ-Onlline, salah seorang siswa yang enggan dipublikasikan namanya mengatakan, adanya kegiatan tes uji kitab itu membuatnya bersemangat untuk terus belajar lebih giat lagi, pasalnya, siswa tersebut  merasa memiliki tanggungan dan tekanan apabila tidak lulusdari tes tersebut.

“Iya mau bagaimana lagi, saya tentu harus belajar lebih giat lagi, saya harus bisa mencapai nilai tertinggi dalam tes ini, jika saya tidak belajar, yang jelas taruhannya itu ya tidak lulus, dan akhirnya, saya pun akan keluar dari asrama ini, dan lagi saya pastinya akan jarang lagi bertemu sama temen temen,” ungkap siswa kelas XI PK itu dengan senyuman.

Hal itu rupanya diamini oleh M. Ibtidaun Ni’am, salah seorang siswa kelas X itu sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan itu. Pasalnya, dirinya pun bisa melihat dan memiliki gambaran tentang pelaksanaan tes tersebut. “Walaupun saya hanya sebagai penonton, tapi saya juga merasa deg degan, karena ini merupakan tes untuk bisa melanjutkan ke kelas XII,” ungkap siswa asal Pamekasan itu. (g1l)

The Best bookmaker bet365 Bonus