The best bookmaker bet365

Menu

MANJ Raih Juara Tiga Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah Tingkat Jatim

  • Dilihat: 557

RAIH JUARA TIGA: Ustaz Nawafil (tiga dari kiri) saat menerima piala usai mengikuti Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah Se Jatim oleh Kemenag Provinsi Jatim (21/11/2019)

MANJ- Setelah berhasil meyakinkan dewan juri, presentasi delegasi MA Nurul Jadid (MANJ) dalam Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah (LIPM) se Jawa Timur akhirnya berbuah sukses, MANJ berhasil dinobatkan peraih juara tiga. Kamis lalu (21/11) LIPM digelar di Ibis Surabaya City Center Hotel dengan jumlah 160 peserta.

Ustaz Nailul Abror dan Ustaz Nawafil yang dipercaya oleh pihak MANJ untuk menyampaikan presentasi, menurut Ustaz Nailul, pelbagai program di MANJ yg bernuansa religius disampaikan pula. Hal itu dikarenakan pada LIPM kali ini, MANJ ikut dalam kategori madrasah religi.

“Yang kami sampaikan antara lain salat berjamaah, kajian kitab kuning Ta'limul muta’allim, Internalisasi Trilogi Santri dan Panca Kesadaran Santri dalam perangkat pembelajaran, pembiasaan baca Al-Qur’an, partisipasi dalam lomba-lomba bernuansa religi, praktik ru’yah al-hilal, praktik manasik haji, penguasaan furudul ainiyah, dan pelatihan penentuan arah kiblat,” urainya panjang lebar pada manj-online.

Yang cukup detail dalam pemaparan, Ustaz Nailul menyinggung tentang internalisasi Trilogi Santri dan Panca Kesadaran Santri ke dalam perangkat pembelajaran. Nilai-nilai luhur keagamaan, kepesantrenan, kemasyarakatan, dan kebangsaan oleh beliau diurai cukup jelas.

“Kami harus bisa meyakinkan dewan juri dan hadirin kala itu, bahwa proses pembelajaran di MANJ memiliki kekhasan muatan kurikulum, yaitu nilai-nilai kepesantrenan Trilogi dan Panca Kesadaran Santri dapat terintegrasi dengan muatan kurikulum formal,” paparnya.

Dengan presentasi mereka berdua, rupanya juri cukup terkesan, karena MANJ menjadi salah satu madrasah yang memaparkan program yg ada secara lengkap. “Alhamdulillah, akhirnya MANJ meraih juara tiga,” syukur ustaz Nawafil menimpali.

LIPM yang digelar oleh Kemenag provinsi Jawa Timur itu berlangsung selama dua hari, melibatkan madrasah jenjang RA, MI, MTs dan MA seprovinsi Jawa Timur. Peserta yang ikut lomba telah lulus seleksi ditingkat kabupaten. Keikut sertaan madrasah tersebut beragam kategori, mulai kategori madrasah religi, hijau/sehat, riset/literasi dan inspiratif. (official)

The Best bookmaker bet365 Bonus