The best bookmaker bet365

Menu

Kajian Tafsir Tematik Usai salat Jamaah Zuhur

  • Dilihat: 369

KAJIAN TAFSIR TEMATIK: Ustaz Nasiruddin saat menyampaikan materi tafsir tematik.

MANJ- Seusai melaksanakan salat Jamaah Zuhur,  Selasa siang (21/1) para siswa MA Nurul Jadid (MANJ) diwajibkan mengikuti kajian keagamaan dalam bentuk kajian tafsir tematik. Berlokasi di musala Riadus Solihin, kajian tafsir tematik tersebut digelar. Kala itu materi yang dibahas adalah Membangun Lingkungan Untuk Kemaslahatan Umat yang disampaikan oleh Ustaz H. Nasiruddin.

Dalam pemaparannya beliau menyinggung tentang kewajiban manusia untuk merawat lingkungan. Sembari menyitir ayat Al-Qur’an surat Ar Rum ayat 41-42. “Kaitannya dengan konteks ayat tersebut adalah, bahwa manusia harus menjaga pelestarian alam dan kehidupan sosial,” jelas beliau di awal pemaparannya.

Tak hanya itu, lebih dalam beliau menjelaskan, terkait dengan melestarikan kehidupan yang sosial yang sesuai dengan nilai-nilai agama, menurutnya hal-hal terkait berbuat kerusakan dalam kehidupan sosial juga sangat dilarang dalam agama Islam. “Berbuat kerusakan pada empat hal yaitu akal, harta, nasab dan agama sangat dilarang,” tegas beliau.

Berbuat kerusakan pada akal karena narkoba dan miras, pada harta melakukan pencurian, perampasan, ghasab, korupsi dan sebagainya, pada nasab melakukan zina dan pacaran. Kemudian berbuat kerusakan pada agama seperti syirik. “Keempat hal tersebut merupakan perbuatan yang keluar dari maqasidus syariah, makanya harus dijauhi,” urai beliau penjang lebar.

Seluruh siswa yang ikut kala itu, terlihat fokus dan bersemangat. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Usai salat, kita ikut kajian keagamaan dengan topik-topik yang mudah kita pahami,” ujar Ibnu Akil siswa kelas XII IPS 1.

Diinfokan, kajian keagamaan tersebut akan rutin digelar setiap Selasa usai salat berjamaah Zuhur. Untuk Selasa selanjutnya dijadwalkan mengangkat tema psikologi dan perkembangan akhlak manusia, ustaz Mukhtarullah dijadwalkan sebagai narasumber berikutnya. (official)

The Best bookmaker bet365 Bonus