The best bookmaker bet365

Menu

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 72, OSIM Gelar Orasi Kebangsaan

  • Dilihat: 1410

Salah satu penampilan peserta Orasi Kebangsaan

MA NURUL JADID - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 72, Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MA Nurul Jadid (MANJ) putri menggelar lomba orasi kebangsaan. Seperti yang dilaksanakan pada Selasa lalu (22/8/2017) di halaman MANJ putri. Sejumlah perwakilan dari masing-masing program wajib tampil memeriahkan acara tersebut. Orasi yang digelar dalam even tersebut mengusung tema kebangsaan.

Menurut Pembina OSIM Ust. Ponirin Mika, acara tersebut memang sengaja dilaksanakan pasca momen perayaan kemerdekaan, sebab panitia acara pada saat pra HUT kemerdekaan disibukkan oleh beberapa kegiatan sekolah dan pesantren. “Momen pasca 17 Agustus sengaja kami pilih agar semua panitia bisa maksimal bekerja sehingga perayaan HUT RI tidak hanya terpaku pada pra dan hari H 17 Agustus saja,” ujarnya.

Selain itu, beliau juga menegaskan even tersebut sebagai salah satu bentuk dari implementasi Panca Kesadaran Santri. Bahkan lanjut beliau, dengan menyampaikan orasi kebangsaan pada momen HUT Kemerdekaan RI, dapat menjadi media bagi para siswa untuk merefleksikan penghayatan dan pemaknaan terhadap kemerdekaan RI yang sudah berusia 72 tahun.

“Panggung orasi kebangsaan ini bukan berkonotasi pada orasi-orasi seperti demonstrasi, tetapi ini adalah orasi ilmiah yang pesertanya adalah siswi MANJ. Kalian harus bisa mengambil momen penting dalam perayaan kemerdekaan RI ini, misalnya dengan menyampaikan gagasan-gagasan brilian tentang upaya memajukan generasi penerus bangsa,” beber beliau saat memberikan sambutan.

Tepat pukul 09:00, Sebelum para peserta tampil, seluruh hadirin yang memadati halaman madrasah dipandu oleh panitia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan lagu Ya Ahlal Wathon. Lagu yang diciptakan oleh Mbah Wahab sekira tahun 1916 itu rupanya cukup akrab di kalangan siswi MANJ yang nota bene adalah santri.

Peserta yang tampil saat itu terlihat cukup meyakinkan, diantara mereka ada yang lihai berorasi bak orator profesional. Bahkan ada peserta yang memekikkan takbir di awal dan akhir orasinya, seperti layaknya Bung Tomo saat membakar semangat arek-arek Suroboyo. “ Allahu Akbar!, Merdeka! Allahu Akbar! Kita jaga keutuhan bangsa ini hingga titik darah penghabisan!,” pekik Himayatul Musyarofah diikuti aplaus para siswi yang menonton saat itu.

Sementara itu, pihak OSIM putra menurut Ust. Ponirin, juga menggelar even khusus untuk HUT Kemerdekaan RI ke 72. Akan tapi dalam pelaksanaanya, pihak OSIM putra menggelar even pada pra HUT kemerdekaan RI, “Untuk OSIM putra pelaksanaannya (HUT RI ke 72.red) tanggal 15 Agustus lalu. Itu pun hanya pada keterampilan fisik saja, yaitu lomba futsal bersarung dan makan kerupuk,” pungkasnya. (b4d)

The Best bookmaker bet365 Bonus