SIAP TERBANG KE AL_AZHAR: Para siswa MANJ peraih beasiswa kuliah Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Dari kiri Zuhro, Nadiyah dan Kanzie.

Tiga Siswa MANJ Raih Beasiswa Kuliah Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

2021-06-05 | 14:17 491 Madrasah

MANJ- Idaman untuk bisa kuliah melaluli jalur beasiswa di perguruan tinggi Islam ternama khususnya di luar negeri akhirnya tercapai oleh tiga siswa yang telah lulus MA Nurul Jadid (MANJ) tahun ini. Mereka adalah Zuhroh Rihadatul ‘Aisy (XII IPA 3),  Nadiyah Fikril Labibah  (XII BHS 3) dan Muhammad Kanzie Al-Kaunain (XII Keagamaan).

Mereka berhasil meraih seleksi beasiswa kuliah S1 ke universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Ketiganya telah dinyatakan lulus seleksi  calon mahasiswa Timur  Tengah tahun 2021 pada 11 mei lalu oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama.

Zuhro salah satu dari mereka menuturkan, seleksi yang mereka ikuti melalu seleksi online pada akhir April lalu. “Saya ikut seleksi tersebut dari rumah pada akhir April, saat itu saya sudah boyong dari pondok,” tuturnya pada manj-online (1/6/21) ketika ke MANJ untuk melengkapi berkas-berkas administrasi beasiswanya.

Seleksi online tersebut harus diikuti gadis penghobi nasi jagung tersebut melalui tiga tahap dengan  sistem gugur. Jika pada tahap pertama gugur maka tidak bisa melanjutkan pada tahap selanjutnya, “Alhamdulillah, saya melalui tiga tahap tersebut dan dinyatakan lulus,” tandasnya.

Beasiswa yang diraih oleh Zuhro adalah kategori studi bukan full, menurut pengakuan mantan wakil ketua OSIM-MANJ itu, dirinya hanya menginginkan beasiswa studi saja. “Karena kalau beasiswa full dari kemenag, berangkatnya bisa dua tahun setelah pengumuman. Lama sekali, makanya saya lebih memilih beasiswa studi saja,” ucapnya renyah.

Siswi asal Kabupaten Bondowoso itu memang punya impian bisa kuliah keluar negeri dengan beasiswa, tapi keinginan awalnya adalah Yaman, namun karena beberapa pertimbangan dan kondisi negara tersebut kurang stabil beberapa tahun terakhir dalam hal kemanan, akhirnya dia lebih memilih Al-Azhar.

Untuk pemberkasan yang lain sudah dilengkapinya, putri dari pasangan Hidayatus Shaleh dan Samsi Tri Susiati itu hanya tinggal menunggu visa untuk terbang ke Mesir. “Insyaallah visa bulan Agustus atau Oktober sudah jadi. Mohon doa untuk keselamatan dan kesuksesan saya,” pintanya penuh harap. (b4d)

Privacy Policy , Terms & Conditions