BERI SANTUNAN: Siswa MANJ dari ASPS (foto: paling kanan) saat memberikan santunan bersama anggota Laskar Sedekah Probolinggo.

ASPS Beri Santunan Kaum Dhuafa dan Anak Yatim Jelang Ramadhan

2021-04-05 | 11:00 102 Madrasah

MANJ- Mendekati bulan suci ramadhan,  Association of Social Program Student (ASPS) organisasi peminatan IPS MA Nurul Jadid (MANJ), Ahad kemarin (4/3/21) menyalurkan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim di dusun Manteng Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo.

Menurut penuturan Ustaz Muzakki ketua peminatan IPS, kegiatan tersebut memang menjadi agenda rutin dalam kerja sama antara ASPS dengan Lembaga Sedekah (LS) Probolinggo. “Kami memang memilih momentum jelang bulan suci ramadhan dalam merealisasikannya bersama LS Probolinggo, ungkap beliau pada manj-online.

Pemberian bantuan itu dilaksanakan usai jam terakhir di madrasah, beliau bersama beberapa siswa IPS MANJ yang tidak berdomisili di pesantren, tapi berasal dari sekitar lingkungan luar pondok menuju lokasi yang ditentukan pada siang itu.

Di Dusun Mentengan Desa Kedungrejoso itulah santunan diberikan kepada para dhuafa dan anak yatim. Sebanyak dua belas orang yang menerima santunan. Untuk anak yatim diberi santunan berupa uang, sedangkan para dluafa diberi paket sembako.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa sepengetahuan pihak yang bersangkutan (dluafa dan anak yatim, Red.). Tim pencari data dari LS mensurvey tempat tinggal pihak-pihak yang dinilai layak untuk diberi santunan. Setelah data dinilai valid, pada hari yang ditentukan acara santunan itu dilaksanakan oleh ASPS dan LS Probolinggo.

“Rata-rata para penerima bantuan kaget, terkejut, dan kebingungan saat didatangi kami. Alhamdulillah, mereka menerima kedatangan dan santunan dari kami dengan penuh syukur,” kenang beliau.

Acara penyerahannya singkat, sesekali tim ASPS dan LS Probolinggo menanyakan nama dan sekilas tentang kondisi keluarga. Setelah penyerahan bantuan, tim langsung pindah ke lokasi lainnya. “Mudah-mudahan kita bisa istiqomah dan para donatur semakin banyak dan bertambah,” harap beliau. (b4d)

Privacy Policy , Terms & Conditions