JADI PENYAJI: Salah satu siswi saat menjadi penyaji dalam

Ini Dua Forum Diskusi yang Bikin Siswa MANJ Jago Presentasi

2021-03-29 | 13:20 184 Madrasah

MANJ- Upaya meningkatkan kemampuan presentasi siswa MA Nurul Jadid (MANJ) dalam forum ilmiah mulai digelar. Seperti pada Sabtu dan Minggu (27-28/3/21), dua kegiatan diskusi yang melibatkan peserta didiknya sebagai penyaji dilaksanakan, beberapa guru dan pembina juga hadir di acara itu.

Pada hari Sabtu sekira pukul 10:30, Munadlarah Ilmiyah (forum ilmiah) digelar untuk siswi yang berlokasi di aula dua pesantren. Bertema Bersuci untuk Keabsahan Ibadah, para siswi  dari kelas  X dan XI mengikuti acara tersebut.

Terlihat dua siswi menjadi penyaji dan seorang menjadi moderator. Ketiganya cukup piawai saat memerankan tugas masing-masing. Mereka cukup profesional ketika moderator membuka dan memandu jalannya diskusi. Demikian pula para penyajinya, keduanya bergantian memberikan materi seputar thaharah.

Mengingat materi yang dibahas berkaitan dengan masalah ibadah, dalam forum tersebut Ustaz Saili Aswi didaulat untuk menjadi pentashih. Beliau mengikuti jalannya diskusi hingga usai pada pukul 12:00. “Beliau mengawal jalannya diskusi dan meluruskan jawaban dan memberikan materi tambahan,” jelas Ustazah Afrida Pembina OSIM putri kepada manj-online.

Menurut Ustazah Afrida, munadharah ilmiah menjadi agenda rutin bulanan OSIM dengan pemateri dari siswa secara bergantian. “Masing-masing organisasi program dijadwal untuk menjadi pematerinya, untuk saat ini yang tampil adalah perwakilan dari MPK,” ujar jebolan Al-Ahgaf Yaman University tersebut.

Kegiatan serupa juga digelar oleh OSIM putra pada hari Ahad pagi (28/3) dalam sebuah forum dialog interaktif di ruang meeting. Berbeda dengan putri, forum tersebut hanya melibatkan perwakilan kelas dan organisasi program. Karena pada hari itu di aula dua pesantren dan aula mini MANJ sedang ada acara.

“Karena tempatnya terbatas, akhirnya kami tetapkan pesertanya hanya perwakilan kelas X dan XI,” ungkap Ustaz Musthofa pembina OSIM putra. Beliau bersama Ustaz Mukhtarullah turut mendampingi forum dialog bertema Menurunnya Spiritualitas Peserta Didik di Lingkungan Sekolah. Keduanya sempat memberikan arahan dan pengantar sebelum diskusi berlangsung.

Dalam forum tersebut tiga siswa tampil, dua siswa sebagai penyaji dan seorang menjadi merator. Ketiganya juga terlihat tanpa canggung menyajika materi. “Mereka perlu kita dukung dan kita bimbing, agar wawasan dan public speaking skill mereka makin bagus,” tandas Ustaz Mukhtarullah Pembina MPK. (b4d)

Privacy Policy , Terms & Conditions