MAGANG KILAT: Ustaz Muzakki (foto: sebelah kiri) ketua peminatan IPS saat mendamping peserta magang kilat bersama Ustaz Dwi Chandra (foto: paling kanan)

Perdalam Manajemen Kuangan dan Perbankan Syariah, IPS Gelar Magang Kilat

2022-06-21 | 10:32 176 Madrasah

MANJ- Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MA Nurul Jadid (MANJ) yang memiliki konsentrasi mata pelajaran ekonomi, Selasa lalu (14/6/21) menggelar Magang Kilat Keuangan Syariah (MKKS) di BMT Tanjung. Dijadwalkan MKKS akan dilakasanakan sampai 9 Agustus tahun ini.

Menurut ketua peminitan IPS Ustaz Muzakki, Kegiatan yang melibatkan siswa dan siswi kelas X dan XI itu merupakan salah satu kegiatan pengembangan materi-materi Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Ekonomi - Akuntansi. Dalam pelaksanaannya, hanya pada tiap hari Selasa MKKS dilaksanakan.

“Kegiatan ini merupakan salah kegiatan rutin dilaksanakan tiap tahun, memberi kesempatan kepada peserta didik peminatan IPS untuk mempraktikkan ilmu-ilmu perbankan dan pengenalan keuangan syari'ah,” urai beliau kepada manj-online.

BMT Tanjung yang dijadikan lokasi magang, menurut beliau merupakan tindak lanjut dari kerjasama MANJ dengan BMT Tanjung yang awal kerjasamanya dilaksanakan sejak tahun 2019 dan terbit MoUnya sejak tahun 2020 dengan nomor MoU : NJ-H/19/144/A-V/11.2022 dan nomor : K-TJ/05/BMT-TANJUNG/11.2022.

“Kerjasama MANJ dengan BMT Tanjung tidak hanya berupa magang kilat, tetapi juga ada beberapa bentuk kegiatan lainnya, seperti sosialisasi keuangan dan produk syari'ah, pelayanan simpanan santri/siswa, dan kegiatan lainnya,” tutur guru MANJ yang juga aktif sebagai dosen di Universitas Nurul Jadid (Unuja).

Dengan peserta 40 orang siswa peminatan IPS, terbagi menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang, 2 guru pembimbing. “Siswa kelas X tidak kami libatkan semua, hanya perwakilan saja. Sedangkan untuk putri lokasinya akan ditempatkan di kantor BMT Tanjung yang berada di area perkantoran Unuja,” pungkas beliau. (hum4s)

Privacy Policy , Terms & Conditions