Lagi, Ratusan Siswa Kelas Akhir Lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes, Kepala MANJ: Ini Peningkatan Akademik Output Lulusan

2022-04-23 | 08:45 1108 Madrasah

MANJ: Sebanyak 103 peserta didik MA Nurul Jadid (MANJ) yang telah lulus madrasah telah dinyatakan lulus seleksi masuk di beberapa perguruan tinggi negeri tanpa tes. Informasi itu di sampaikan oleh Ustaz Lukman Alhakim kepala MANJ Kamis (21/4/22) di kantornya. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Pada tahun lalu lulusan MANJ mencapai 96 siswa yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Sang kepala sangat bersyukur atas keberhasilan peserta didiknya tersebut. “Alhamdulillah, ini peningkatan akademik ouput lulusan tahun ini yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri tanpa tes,” tandas beliau.

Pihak Bimbingan Konseling (BK) MANJ telah merekap terperinci informasi tersebut. Dengan rincian Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) sebanyak 92 orang. Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademik (PMDK-PA) sebanyak 7 orang. Seleksi Peminatan Khusus 1 orang dan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) sebanyak 3 orang.

“Peserta didik MANJ yang lulus seleksi tersebut tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri Islam dan umum, juga ada yang ada di luar pulau Jawa,” ungkap Ustazah Iqlima selaku Konselor BK MANJ. Di antara mereka, Neli Nur Azizah kelas XII IPA Tahfiz yang masuk perguruan tinggi UIN Mataram Nusa Teggara Barat, Alfin Khusnul Inayah dari kelas yang sama diterima di UIN Alauddin Makassar Sulawesi Selatan.

Selain mereka berdua, ada juga yang diterima di perguruan tinggi negeri Islam di luar pulau Jawa. Seperti Ananda Firda Afifah kelas XII IPS 2 yang diterima di UIN Antasari Banjarmasin Kalimantan Selatan. “Beberapa murid kita memang banyak yang dari luar Jawa, mereka memang memilih perguruan tinggi negeri yang dekat dengan domisili mereka,” tutup ustazah Iqlima. (hm4s)

Privacy Policy , Terms & Conditions