LULUS UTBK-SBMPTN: Ucapan selamat bagi lulusan MANJ yang telah lulus tes UTBK-SBMPTN 2022

Selain Diterima di PTN jalur Prestasi dan Beasisiwa, Lulusan MANJ Juga diterima di Jalur Tes, Total 124 Siswa Telah Diterima

2022-06-28 | 12:25 235 Madrasah

MANJ- Melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri pasca SLTA memang menjadi idaman kebanyakan siswa, apalagi mendaftaranya melalui jalur prestasi, lebih-lebih jalur beasiswa. Rupanya lulusan MA Nurul Jadid (MAN) tahun 2022 yang melanjutkan studinya ke berbabagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di tahun ini cukup banyak.

Hal itu diinfokan oleh bagian Bimbingan Konseling/Karir (BK) MANJ kemarin. Ustazah Iklima selaku konselor BK di MANJ merinci, menurutnya data terbaru yang diterima oleh BK terkait lulusan yang studi ke PTN di tahun ini mencapai 124 siswa dari berbagai jalur pendaftaran.

“Di Jalur prestasi akademik 104 orang, 1 orang jalur beasiswa santri, 7 orang jalur SBMPTN dan jalur Mandiri sebanyak 2 orang, totalnya 124 lulusaan MANJ yang telah berhasil mengikutinya,” urai beliau pada manj-online kemarin di kantornya

Khusus untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) prosedurnya berbeda dengan jalur prestasi akademik. Menurut penuturan beliau, para siswa terlebih dahulu mendaftar UTBK secara online di MANJ, ada juga yang di rumah mereka.

Setelah itu mereka memilih jadwal dan tempat ujian, juga jenis soal yg sudah ditetapkan oleh panitia UTBK-SBMPTN. “Mendaftar mau kuliah dan jurusan apa. Nah hasil skor dari UTBK ini lah yg dibuat dasar untuk mendaftar jalur SBMPTN,” jelas beliau.

Khusus jalur tes (UTBK, red.) menurut beliau memiliki beberapa kesulitan, pasalnya, UTBK harus dijalani calon mahasiswa baru yang memilih perguruan tinggi negeri tertentu dengan tes. “Hal itu tentu harus dijalani dengan hati-hati dan penuh kecermatan selama menjalani tes, jika tidak, sangat mungkin tidak diterima di kampus yang dituju,” jelas beliau.

Selain menjalani UTBK, peserta sedari awal mendaftar harus menyelesaikan dan melengkapi serangkaian administrasi. “Bahkan saat akan mengikuti tes, peserta harus menunjukkan kartu pesrta yang ada fotonya yang sudah dibuat dari berkas saat pendaftaran online, hal itu untuk menghindari adanya joki saat UTBK berlangsung,” bebernya.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilaksanakan secara serentak atau nasional, terdata 10 lulusan MANJ mengikuti SBMPTN yang telah diumumkan kelulusannya pada 23 Juni lalu.

“Sebelum boyong ke rumah masing-masing, siswa kelas akhir MANJ didata oleh BK, bagi yang mau ikut bimbingan belajar UTBK yg diadakan oleh MANJ,  bimbingannya pun gratis. Karena MANJ sudah bekerja sama dg quipped,” pungkas beliau. (hm4s)

Privacy Policy , Terms & Conditions