PESILAT MANJ: Ustaz M. Lutfi (paling kiri), Sulton, M. Tsauqi dan Chaska saat menerima medali dan piagam penghargaan di Pencak Silat Banyuwangi Championship 2.

Tiga Pesilat MANJ Sukses Raih Emas dan Perunggu Tingkat Nasional Kategori Tanding

2022-03-23 | 12:44 332 Prestasi

MANJ- Di event Pencak Silat Banyuwangi Championship 2 yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Tawangalun, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (22/03) kemarin tiga siswa delegasi MA Nurul Jadid (MANJ) sukses meraih juara nasional di event tersebut untuk tingkat SLTA.

Mereka sukses meraih juara pada kategori tanding putra. Chaska Putra Murdianto juara 1 kelas C, Kafil Tsauqi Hidayat juara 1 kelas B dan Sulton juara 3 kelas A. Ketiganya merupakan siswa kelas akhir MANJ dari peminatan bahasa.

“Mungkin karena kami sekelas, sehingga tidak sulit untuk latihan bersama usai jam pelajaran di madrasah,” ungkap Chaska usai mengikuti ujian madrasah hari ini saat ditemui manj-online. Meski usai jam pelajaran di siang hari dengan cuaca cukup terik, Chaska dan kedua temannya justru tak mengendorkan latihan.

Hal itu dibenarkan oleh Sulton, menurutnya hal itu untuk meningkatkan ketahanan fisik mereka, “Latihan fisik pada siang hari itu sengaja kami lakukan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh serta pernafasan,” ungkap siswa asal Kabupaten Probolinggo itu.

Selama latihan, mereka didampingi pembina bela diri MANJ Ustaz M. Lutfi, beliau sesekali menguji ketangkasan anak didiknya, bahkan mereka bertiga beberapa kali juga dilatih tanding, hal itu dilakukan agar memiliki kesiapan fisik dan mental saat tiba bertanding di lomba.

“Saat tanding mereka tak hanya butuh kesiapan fisik tapi juga mental, makanya beberapa kali saya uji mereka dengan latih tanding,” tandas sang pembina yang juga alumni MANJ itu pada manj-online.

Dari informasi IPSI Banyuwangi selaku panitia, kejuaran pencak silat tersebut diikuti oleh 2100 peserta. Karena sifatnya open tournament, pesertanya ada dari luar kota seperti Surabaya, Jember, Situbondo, Bandung, bahkan Bali. (hum45)

Privacy Policy , Terms & Conditions